adsense.com

Adsense Indonesia

Senin, 19 Maret 2012

KEKURANGAN DEN KELEBIHAN SEARCH ENGINE


Pada dasarnya semua search engine memiliki prinsip yang sama, hanya saja ada beberepa faktor yang membedaknnya. Contohnya penggunaan SEO pada search engine. Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas SEO.

Pengertian Optimisasi Mesin Pencari alias Search Engine Optimization “ SEO “ adalah suatu proses yang terjadi secara sistemmatis yang memiliki tujuan sebagai Cara Meningkatkan Volume dan Kualitas Trafik Kunjungan Sebuah Situs atau Website melalui Mesin Pencari dengan Memanfaatkan Sistem Mekanisme Kerja Mesin Pencari atau Alogaritma Mesin Pencari yang Ada.
Dan Tujuan dari SEO adalah Sebagai Penempatan Sebuah Situs Atau Website Pada Posisi Index Teratas
Berikut macam-macam search engine populer.

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website buatan Microsoft. memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk pencarian gambar.
3. News untuk pencarian berita.
4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.

Kelebihan


1. Mempunyai fasilitas instant answer.
2. Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail.
3. Kotak detail pada link hasil pencarian.
4. Gambar latar belakang yang variatif (berganti-ganti).
5. Fasilitas Instant Answer adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan sampai ke hal-hal yang yang berkaitan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.

6. Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif.


Kekurangan


1. Fiturnya kurang lengkap
2. Hasil pencarian yang kurang luas
3. Yang masih berstatus beta kemungkinan besar masih memiliki bug di dalamnya.


2. Google
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar.

Kelebihan

1. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
2. lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang sederhana.
4. Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
5. Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.

Kekurangan

1. Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan.
 
2. filter pencariannya terkadang langsung menuju hal yang private seperti Database, dan kadang kita mendengar google hacking, yaitu mencari data-data privacy.

3. Yahoo

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet.

Kelebihan

1. Adanya fitur e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnya yang komplit.
4. Yahoo juga menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help) juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup jelas.

Kekurangan

1. loadingnya membutuhkan waktu yang lama
2. tampilan terlalu maximalis

Kesimpulan

1. Search engine
Lebih baik google karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih dapat menemukan yang dimaksud.

2. Mail
lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.

3. Messenger
Lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.

4. Popularitas
Lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.

5. Kualitas
Lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.

6. Fitur
Lebih banyak yahoo! Di yahoo terdapat yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini google lebih unggul dibanding para pesaingnya yaitu yahoo dan bing. Baik dari segi kecepetan, fitur, dan keakuratan searchingnya. Namun, pesaing lainnya tidak bisa diremehkan seperti Yahoo search yang awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku).
Koleksi bookmark tersebut, sekarang dikenal sebagai Yahoo!, menerima sejumlah 80 juta pengunjung setiap bulan (sensus tahun 2000).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar