E-bisnis
E-business adalah praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses
bisnis utama seperti perancangan produk, pengelolaan pasokan bahan baku,
manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui
penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah
terkomputerisasi. (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business.
Prentice Hall. 2002)
E-business meliputi semua hal yang harus dilakukan
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk melakukan kegiatan
bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen. (Sid L. Huff, dkk.
2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill)
Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk
komunikasi, koordinasi, dan manajemen organisasi. (Kenneth C. Laudon dan Jane
P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization
and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall)
E-business adalah mengenai penggunaan teknologi internet
untuk melakukan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business
yang paling mudah terlihat adalah pembelian barang secara online baik retail
maupun grosir. (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice
Hall)
Definisi e-business menurut IBM adalah sebuah
pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk memberikan nilai bisnis
yang berbeda dengan mengkombinasikan sistem dan proses yang menjalankan operasi
bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar