Peran ERP dan SCM Pada Penerapan E-bisnis dalam Perusahaan
Definisi ERP : Sistem informasi yang diperuntukkan bagi
perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan
mengoktimalisasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi,
produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan.
Keuntungan yang bisa kita raih ketika menerapkan ERP dalam
perusahaan, beberapa diantaranya adalah:
Otomasi business process - seperti proses ordering, mulai
dari pencatatan order dari customer hingga proses pengiriman dan penagihan
pembayaran order.
Single point of information, semisal Karyawan ketika
berhadapan dengan pelanggan memiliki informasi (berdasarkan historical
transaksi) yang cukup untuk mendeliver kebutuhan dari pelanggannya. histori ini
dapat dijadikan pegangan oleh bagian pembelian untuk melakukan perencanaan
pembelian, dan seterusnya.
Efisiensi yang tinggi, semisal pencapaian
kepuasan pelanggan karena tingkat kecepatan pelayanan dengan
otomisasi,
pengurangan biaya produksi dan biaya operasional, dan lain
sebagainya.
Sumber informasi yang cukup untuk melakukan analisa. dengan
pencatatan historical transaksi yang baik, otomatis anda tinggal menggunakan
software perencanaan untuk mengetahui analisa apapun berdasarkan history yang
anda miliki, semisal analisa kepuasan customer, analisa tingkat delivery barang
dari supplier dan lain sebagainya.
Definisi SCM : Sejumlah material yang disimpan dan dirawat
menurut aturan tertentu dalam tempat persediaan agar selalu dalam keadaan siap
pakai dan ditatausahakan dalam buku perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar