REPERALL
Pemasaran Referral adalah metode untuk mempromosikan produk
atau layanan kepada pelanggan baru melalui referal , biasanya dari mulut ke
mulut . Arahan seperti itu sering terjadi secara spontan tetapi bisnis dapat
mempengaruhi ini melalui strategi yang tepat.
Isi
1 Ikhtisar
2 Manfaat program
rujukan
3 Contoh program
marketing referal yang berhasil
4 Referensi
Ikhtisar
Pemasaran Referral adalah proses terstruktur dan sistematis
untuk memaksimalkan potensi kata mulut. Marketing referal ini dilakukan dengan
mendorong, menginformasikan, mempromosikan dan memberi penghargaan dan kontak
pelanggan untuk berpikir dan berbicara sebanyak mungkin tentang pemasok mereka,
perusahaan mereka, produk dan pelayanan dan nilai dan manfaat pemasok membawa
kepada mereka dan orang yang mereka kenal.
Pemasaran Referral mengambil dari mulut ke mulut dari
situasi spontan untuk satu di mana arahan maksimum yang dihasilkan.
Rujukan pemasaran online, menggunakan pemasaran digital
sebagai platform, adalah pendekatan yang berbasis internet untuk pemasaran
rujukan tradisional. Mengingat kemajuan dalam pelacakan secara online perilaku
pelanggan melalui penggunaan cookie browser web , pemasaran online menyediakan
rujukan tingkat tinggi pelacakan dan akuntabilitas.
Manfaat program rujukan
Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Goethe
Frankfurt dan University of Pennsylvania, pada program referral dan nilai
pelanggan yang mengikuti program referral pelanggan dari bank Jerman yang
dibayar pelanggan € 25 untuk membawa pelanggan baru, dirilis pada Juli 2010. [1
] Menurut Profesor Van den Bulte, ini adalah studi yang pertama kali
diterbitkan pada evaluasi keuangan program referal. [2] Studi ini menemukan
bahwa pelanggan diarahkan berdua lebih menguntungkan dan loyal daripada
pelanggan normal. Pelanggan disebut memiliki margin kontribusi yang lebih
tinggi, tingkat retensi yang lebih tinggi dan lebih berharga baik dalam jangka
pendek dan panjang.
Pada apakah pelanggan program rujukan bernilai biaya, studi
ini mengatakan bahwa itu mencatat "differential nilai positif, baik dalam
jangka pendek dan jangka panjang, antara pelanggan diperoleh melalui program referral
dan pelanggan lain. Yang penting, ini nilai diferensial lebih besar dari biaya
rujukan. Oleh karena itu, program referral memang bisa membayar ". [3]
Contoh program marketing referal yang berhasil
Dropbox
Pada
tahun 2009, Dropbox menerapkan program referral [4] untuk mendorong pengguna
untuk memberitahu teman mereka tentang Dropbox. Program referral mereka
memiliki insentif dua sisi untuk berbagi: orang yang sign up untuk Dropbox
melalui link referral mendapat ruang lebih dari melalui tanda normal, dan
pengarah mendapat ruang tambahan juga. Menurut Drew Houston, Co-founder dan CEO
Dropbox, pada Konferensi Learnt Pelajaran Startup pada tanggal 23 April 2010,
program referral terinspirasi oleh Paypal Sign up program Bonus. Program
referral secara permanen meningkat signup mereka sebesar 60%. [5] Arahan
account untuk sekitar 35% dari signup sehari-hari (per April 2010). [6] Dalam
30 hari sebelum presentasi konferensi, Dropbox memperkirakan bahwa pengguna
mereka telah mengirimkan 2,8 juta referral langsung undangan ke teman-teman
mereka. [7]
Okabashi
Pada
bulan Maret 2011, Okabashi, produsen terbesar AS sandal dan sandal jepit,
dilaksanakan pelanggan mereka sendiri program referral melalui ReferralCandy,
rujukan pelanggan aplikasi web dengan Anafore . Menurut sebuah studi kasus
dirilis, program referral menjadi salah satu dari mereka sepuluh driver lalu
lintas eksternal, meningkatkan penjualan dalam waktu seminggu pelaksanaan. [8]
Yang dimaksud pelanggan juga menghabiskan 13,2% lebih pada rata-rata
dibandingkan dengan pelanggan yang tidak disebut biasa. [ 9]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar